Rapat Kosultasi Regional II Kementrian Perumahan Rakyat

JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) selama bulan Maret 2013 akan menggelar Rapat Konsultasi Regional (Rakonreg) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2014 dan Rencana Kerja Kementerian Tahun 2014. Adanya Rakonreg tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas dan persiapan untuk pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2013 dalam bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman. 

Kegiatan Rakonreg I yang diselenggarakan oleh Sekretariat Kementerian Perumahan Rakyat ini dibuka secara resmi oleh Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz  dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah wilayah Sumatera.

Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Kemenpera, Hardi Simamora dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong program pembangunan perumahan dalam era otonomi daerah.  Apalagi pembagian urusan pembangunan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah  No. 38 Tahun 2007, maka penyelenggaraan urusan perumahan menjadi urusan wajib Pemerintah Daerah yang dilaksanakan secara konkuren dengan Pemerintah Pusat.

Hal tersebut juga sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tugas dan Wewenang serta Kedudukan Keuangan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah di Wilayah Provinsi sebagaimana telah diubah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2011. Untuk itu, Kementerian Perumahan Rakyat sangat perlu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi dalam penyusunan rencana pembangunan perumahan dan kawasan permukiman.

 

“Keluaran utama yang diharapkan dari RAKONREG Kemenpera Tahun 2013 adalah Kesepakatan antara Kementerian Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Provinsi mengenai  prioritas dan lokasi kegiatan Tahun 2014 sebagai bahan penyusunan Renja-Kemenpera Tahun 2014 dan UPPD Tahun 2014,” ujarnya.

Adapun Peserta Rakonreg Tahun 2013 terdiri dari Unit Kerja di lingkungan Kemenpera, Pemerintah Provinsi yang terdiri dari Bappeda Provinsi dan Dinas yang menangani urusan bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman; dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang terdiri dari Bappeda Provinsi dan Dinas yang menangani urusan bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

“Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan sinergitas dan sinkronisasi perencanaan kegiatan dan anggaran pembangunan perumahan dan kawasan permukiman yang dilaksanakan di daerah sekaligus sebagai persiapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2013,” terangnya.

Sedangkan tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk membahas sinkronisasi perencanaan kegiatan dan anggaran pembangunan perumahan di daerah antara Kementerian Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Daerah dan usulan lokasi kegiatan Kemenpera Tahun 2014 sebagai masukan untuk penyusunan Rencana Kerja Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2014 dan Usulan Pendanaan Pemerintah Daerah (UPPD) yang akan dibahas dalam Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional Tahun 2013.


Pelaksanaan Rakonreg Kemenpera Tahun 2013 akan dibagi menjadi 4 wilayah, sebagai berikut:

1.  Rakonreg I (Wilayah Sumatera) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, tanggal 5 – 7 Maret 2013.

2.  Rakonreg II (Wilayah Jawa) di Hotel Sultan,  Jakarta, tanggal     13 – 15 Maret 2013.

3.  Rakonreg III (Wilayah Kalimantan dan Sulawesi) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, tanggal 19 – 21 Maret 2013.

4.  Rakonreg IV (Wilayah Bali, Nustra, Maluku, dan Papua) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta tanggal 25 – 27 Maret 2013.

Dalam kegiatan ini, panitia juga menyediakan informasi mengenai pelaksanaan Rakonreg Kemenpera tahun 2013 yang dapat diunduh oleh para peserta melalui alamat website : rakonreg.kemenpera.go.id

0 Komentar Kirim Komentar