BALAI DIKLAT PU UPAYA TERUS BERBENAH DIRI

Dalam rangka mewujudkan kampus diklat PU sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi para peserta diklat, dan membuat mereka dapat betah walau mengikuti diklat yang membutuhkan waktu cukup lama seperti diklat kepemimpinan dan diklat teknis unggulan, Balai Diklat PU Wilayah III Yogyakarta sudah berupaya membuat pembenahan-pembenahan, baik dari aspek manajemen penyelenggaraan diklat, peningkatan kualitas widyaiswara, updating materi & kurikulum diklat, perbaikan sarana & prasanana diklat, kelengkapan ABL (alat bantu latihan), serta penerapan reformasi birokrasi, dan kaedah-kaedah kediklatan.

Balai Diklat PU Wilayah III sebagai diklat terdepan di wilayah kerjanya, yang telah mendapat akreditasi dari LAN-RI dan telah mendapat pengakuan ISO 9001-2008 sebagai bukti telah menerapkan sistem manajemen mutu (SMM), berdasarkan Permen PU Nomor : 04/PRT/M/2009,   berupaya terus membenahi diri terutama dalam pembenahan sarana & prasarana kampus sehingga memenuhi kelayakan dan kenyamanan. Sarana & Prasarana Diklat yang telah selesai dibenahi sd bulan Mei Tahun 2012, antara lain adalah : Wisma Nakula, Sadewa, Bima Executive, untuk peserta diklat. Guest House Executive, “Kresna Inn 1, Kresna Inn 2, Kresna Inn 3”, untuk tamu VIP dan Widyaiswara. Ruang Belajar & Seminar Executive, Yudistira dan Chandradimuka. Ruangan executive dilengkapi dengan fasilitas  : AC, TV, Air Panas, Springbed. Fasilitas penunjang lainnya yang telah disediakan antara lain : Fitnes Centre, Kantin & Koperasi, Ruang Karaoke, Ruang Gender & Ruang Menyusui. Kampus diklat juga sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga penyelenggara bisa memonitor aktivitas pembelajaran di dalam kelas. Sarana terakhir yang baru selesai dibuat adalah : Executive Lounge, khusus untuk tamu-tamu VVIP yang dilengkapi dengan : Ruang Tunggu, Meeting Room, Kamar Tidur/istirahat, Wifi Room, Ruang Makan, Dapur/Pantry, Ruang Shalat, dan Toilet. Beberapa sarana dan prasarana tersebut diatas beberapa unit telah diresmikan oleh : Sekjen PU, Staf Ahli Menteri PU I, Staf Ahli Menteri PU V dan Kapusdiklat PU.    

Balai Diklat PU Wilayah III Yogyakarta juga telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan sebagai salah satu institusi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), dengan tarif sesuai Peraturan Pemerintah PP Nomor 38 Tahun 2012. Kepala Balai Diklat PU Wilayah III Yogyakarta Dr. Ir. Sanusi Sitorus, MT, yang telah bertugas membenahi Kampus Diklat ini mulai pertengahan Tahun 2009, menghimbau para Satminkal dilingkungan Kementerian PU agar mengarahkan kegiatan-kegiatan yang bersifat pelatihan atau sejenisnya, dapat memanfaatkan kampus diklat ini sebagai tempat pelatihan, karena dijamin suasana dan kenyamanan sudah setara dengan hotel berbintang. Para tamu juga bisa dipandu untuk mengikuti kegiatan extra-curikuler, antara lain : Fun Bike keliling Yogya, Shopping Malioboro, Uji Nyali Berjalan tutup mata di antara 2 Pohon Beringin Alun-alun Utara, Touring Merapi Camp Alm Mbah Marijan, Wisata pantai Kawasan Parang Tritis, Wisata Alam Air Terjun baru Kawasan Bleberan Palian, Wonosari, dan lain-lain. Seperti slogan kami, kampusnya diklat tapi suasana hotel, bertarif lokal. Demikian ungkap Kepala Balai.

0 Komentar Kirim Komentar