Peringatan Hari Tata Ruang 2013

Peringatan Hari Tata Ruang sendiri dilakukan berbarengan dengan World Town Planning Day yang dirayakan oleh 35 negara. Tahun ini merupakan tahun kelima dilakukan peringatan Hari Tata Ruang di secara nasional. Pada tahun ini tema peringatan Hari Tata Ruang adalah “Harmoni Ruang dan Air untuk Hidup Lebih Baik”. Tema Tata ruang tahun ini diilhami oleh isu air yang semakin langka karena degradasi lingkungan, pola hidup, dan kebijakan yang tidak prolingkungan. Untuk itu maka harmonisasi dan sinkronisasi antara kebijakan penataan ruang dan pengelolaan sumber daya air merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan.

Dalam rangka peringatan Hari Tata Ruang di Jawa Timur tahun 2013 ini,  berbagai kegiatan penting telah dilaksanakan antara lain : talk show, seminar, jalan sehat, penanam pohon. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, pada tanggal 14 Nopember 2013 telah dilakukan seminar hari Tata Ruang di Hotel Utami dengan tema “Harmoni Air dan Ruang Untuk Kehidupan yang Lebih Baik”. Fokus diskusi ditekankan pada isu-isu strategis yang berhubungan dengan penanganan air, terutama mengenai hal-hal yang bersinggungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, yaitu mengenai pencegahan degradasi lingkungan, pentingnya RTH (Ruang Terbuka Hijau) sebagai daerah resapan, banjir, tingkat pencemaran air, krisis air dan penanganannya. Melalui tata ruang diharapkan dampak bencana akibat kurang terkendalinya pengelolaan air dapat dieliminir.

Acara jalan sehat dilakukan pada tanggal 15 Nopember 2013 di Ekowisata Mangrove Wonorejo. Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat yaitu aparat pemerintahan, swasta, dan masyarakat yang diwakili oleh komunitas penggiat lingkungan. Dengan melibatkan berbagai unsur ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran para pemangku kepentingan akan pentingnya penataan ruang  sebagai acuan perencanaan pembangunan khususnya dalam pengelolaan air untuk  mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Kepedulian terhadap sumber daya air juga ditunjukkan dengan turut berpartisipasi dalam penanaman seribu pohon Mangrove dalam kegiatan ini.  Penanaman pohon Mangrove sebagai simbol dukungan terhadap penciptaan lingkungan yang hijau dan mampu menjaga ekosistem tempat manusia tinggal.

Peringatan Hari Tata Ruang sekaligus juga harus dimaknai sebagai upaya untuk mengawal secara konsisten momentum pelaksanaan Undang-Undang No. 26/2007 tentang Penataan Ruang. Melalui peringatan Hari Tata Ruang, maka reformasi penyelenggaraan penataan ruang di Indonesia terus kita perkuat dan kampanyekan kepada masyarakat luas agar Hari Tata Ruang 2013 ini dapat merefleksikan meningkatnya kesadaran berbagai pemangku kepentingan akan pentingnya peran penataan ruang sebagai acuan pembangunan kewilayahan dan sektoral untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Selamat Hari Tata Ruang 2013.

0 Komentar Kirim Komentar