Sosialisasi NSPK (Norma, Standart, Prosedur, Kriteria) Penataan Ruang

Dengan bertempat di di Ruang Rapat Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang provinsi Jawa Timur (Lt. 4),  Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur pada Selasa, 14 April 2015 lalu telah mengadakan kegiatan Sosialisasi NSPK (Norma, Standart, Prosedur, Kriteria) Penataan Ruang. Acara ini dihadiri oleh sejumlah SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kab/ Kota se-Jawa Timur dan Instansi di lingkungan Non Pemerintah di Jawa Timur dengan dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Tata Ruang Ir. Agus Heru Widodo, MM.

Sosialisasi NSPK Penataan Ruang ini diadakan mengingat penyelenggaraan penataan ruang yang mengacu  dan berpedoman pada berbagai peraturan dan perundangan. Sehingga perlu disosialisasikan agar dapat dipahami secara luas dan lebih mendalam bagi setiap penyelenggara penataan ruang di daerah baik dari lingkungan pemerintah maupun non pemerintah sebagai bekal dalam menghadapi berbagai kebijakan dan permasalahan penataan ruang di wilayahnya masing-masing. Disamping itu karena memperhatikan kondisi dan permasalahan serta tuntutan kebutuhan penanganan berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan penataan ruang di Jawa Timur dan pentingnya pengendalian pemanfaatan ruang saat ini maka kinerja penyelenggara penataan ruang khususnya dalam pemahaman berbagai peraturan perundangan perlu ditingkatkan.

Materi yang dipaparkan dalam sosialisasi ini antara lain yaitu Pemahaman Substansi Peraturan Gubernur Jawa Timur No.80 Tahun 2014 tentang Pemanfaatan Ruang pada Kawasan Pengendalian Ketat Skala Regional di Provinsi Jawa Timur oleh pembicara Ir. Tiat S. Suwardi, M. Si dari Bappeda Provinsi Jawa Timur serta materi Pemahaman Substansi UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang oleh Ir. Putu Rudy Setiawan M. Sc dari IAP Jawa Timur.

0 Komentar Kirim Komentar