Seminar Perkembangan Teknologi Bahan Bangunan "Perkembangan Teknologi Bahan Bangunan Dalam Bidang Arsitektur" 19-20 November 2019

Industri bahan bangunan di Indonesia sebagai salah satu komponen utama dalam pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang terus berkembang pesat seiring meningkatnya kondisi perekonomian nasional. Perkembangan pembangunan sarana prasanana infrastruktur maupun perkembangan industri bahan bangunan tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi. Dalam perjalanan perkembangan yang panjang dengan melalui kajian, penelitian maupun inovasi telah banyak ditemukan berbagai teknologi baru yang dapat meningkatkan efesiensi waktu maupun biaya serta dapat menyelesaikan kasus-kasus/ permasalahan di lapangan.Penggunaan teknologi baru juga dapat meningkatkan nilai pemanfaatan, serta memperbaiki kekurangan teknologi lama bahkan dapat menggantikan teknologi sebelumnya yang masih bersifat konvensional.

Penerapan teknologi baru yang memiliki keunggulan dalam sebuah pembangunan sarana prasarana infrastruktur, baik pembangunan gedung maupun pembangunan perumahan permukiman dapat memberikan nilai lebih dalam hal kualitas bangunan baik dari segi kenyamanan, keamanan dan keselamatan, estetika, maupun dalam hal proses pelaksanaannya.Seminar Perkembangan Teknologi Bahan Bangunan ini diadakan kembali pada tahun ini dengan mengangkat tema yang berbeda dari tahun lalu, tema kali ini adalah terkait dengan Bidang Arsitektur.

Dalam desain arsitektural suatu bangunan, tidak dapat terlepas dari pertimbangan aspek fungsi dan estetika. Dan kedua hal ini dapat ditunjukkan melalui konsep desain arsitektural dan ditunjang oleh pilihan karakteristik bahan material yang digunakan.Dengan berbagai material bahan bangunan saat ini serta segala teknologi yang menyertainya, maka dapat saling memberikan pengaruh terhadap bidang arsitektur sendiriBeragam teknologi yang berkembang dalam material bahan bangunan akan dapat memberikan banyak pilihan bagi dunia arsitektur untuk mengekpresikan desainnya. Dan sebaliknya, teknologi bahan dan material pun juga akan terus berkembang untuk menjawab tuntutan atau tantangan dalam suatu desain arsitektural. Hal inilah yang akan diangkat dalam seminar kali ini yaitu tentang bagaimana perkembangan teknologi bahan bangunan dapat berpengaruh dalam bidang arsitektur.

0 Komentar Kirim Komentar