VISITASI PERWAKILAN BANK DUNIA TERKAIT PUBLIC EXPENDITURES FINANCIAL ACCOUNTABILITY (PEFA)

Pada tanggal 8 Maret 2017 DPRKP - CK Prov. Jatim mendapatkan kunjungan istimewa dari perwakilan World Bank didampingi oleh Pihak Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tujuan dari pertemuan itu adalah untuk pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara guna mendukung penilaian menggunakan program PEFA.

PEFA menyediakan suatu kerangka kerja untuk melakukan penilaian atas kekuatan dan kelemahan Manajemen Keuangan Publik. Kerangka kerja meliputi 31 indikator kinerja, sehingga dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap implikasi kinerja sistem apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam pertemuan yang diadakan di Ruang Rapat Kepala Dinas dihadiri oleh Perwakilan World Bank Mr. GUILLAUME BRULE dan Kementerian dalam Negeri terdiri dari 2 orang yaitu; DEDI NORDIAWAN dan ANGELA SHINTA P, sedangkan pihak DPRKP-CK Prov. Jatim diwakili oleh Kasubag Keuangan NANIK SOELISTYOWATI, S.Sos, M.Si beserta staf. Dalam pertemuan tersebut pihak perwakilan World Bank melakukan wawancara terkait proses kegiatan dinas mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban. Pihak world Bank juga meminta contoh konkrit dari proyek yang telah dikerjakan oleh DPRKP-CK Prov. Jatim, salah satunya adalah proyek SPAM Umbulan. Pihak DPRKP-CK Prov. Jatim juga memberikan masukan bagi Kementerian Dalam Negeri, khususnya terkait dengan sistem aplikasi untuk penegerjaan proyek serta manajemen Sumber Daya Manusia. Diharapkan dari hasil wawancara dan diskusi tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi proses penilaian PEFA.

Akhir kata sesuai semboyan Presiden RI Jokowi ayo kita “KERJA...KERJA...KERJA...”

0 Komentar Kirim Komentar