Gelar Pelatihan Peranan Wanita di Tiga Kota

UPT Informasi Teknologi Bangunan Perumahan dan Permukiman Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang berturut-turut menggelar pelatihan pernanan wanita dalam pelestarian lingkungan masing-masing di tiga kota yaitu Jombang, Mojokerto dan Malang. Pelatihan tersebut diikuti ratusan orang dari desa-desa yang membutuhkan informasi pelestarian lingkungan agar daerahnya menjadi bersih sesuai harapan.

Kasi UPT Informasi Teknologi Bangunan Perumahan dan Permukiman I Nyoman Gunadi, ST, MT mengatakan, pelatihan ini mengambil thema “Manajemen Sampah Anorganik dan Bank Sampah” dan para peserta diberi wawasan oleh nara sumber selama 1 hari.

Perempuan katanya, memiliki keterkaitan yang erat dengan lingkungan. Dalam perannya sebagai pengelola rumah tangga, perempuan lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan. Dampak lingkungan kerusakan lingkungan pun lebih sering dirasakan oleh perempuan sehingga melalui peran perempuan diharapkan pelestarian lingkungan dapat diperbaiki, dijaga dan ditingkatkan.

Pada bagian lain penjelasannya Nyoman menambahkan, kegiatan ini merupakan tahun kedua, di mana persiapannya dilakukan koordinasi dengan kabupaten setempat. “Akhirnya disepakati untuk melaksanakan pelatihan peranan wanita dengan kegiatan Manajemen Sampah Anorganik dan Bank Sampah.” katanya.

Pelatihan untuk kabupaten Malang dilaksanakan pada Selasa (31/5) dan di Kabupaten Mojokerto pada Rabu (25/5) serta di kabupaten Jombang pada Selasa (24/5). Pihaknya berharap dengan pelatihan tersebut para peserta menjadi lebih semangat untuk menjadi lingkungannya agar bebas dari kotoran. (p)

0 Komentar Kirim Komentar