120 Tukang Mendapatkan Pelatihan Pembekalan dan Uji Kompetisi

Kadis PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jatim Gentur Prihantono membuka secara resmi pelatihan pembekalan dan fasilitas uji kompetisi tukang bangunan umum menggunakan Mobile Training Unit (MTU) bertempat di hotel Slamet Mojokerto Rabu (1/6).

Dalam sambutannya Gentur mengatakan dengan diselenggarakannya acara ini nantinya para tukang akan lebih teruji secara profesional dalam bekerja karena telah mendapatkan ilmu dari para nara sumber yang berkompeten mengenai bidang pertukangan.

“Jangan sampai sesudah mendapatkan sertifikat semangatnya menurun karena apa yang dicapai dalam mengikuti acara hari ini harus benar-benar dimanfaatkan secara maksimal dan bekerja secara bersungguh-sungguh,” tegasnya sembari menambahkan kalau Pemerintah masih banyak proyek yang harus dikerjakan sehingga tidak usah kawatir tidak ada pekerjaan.

Dikemukakan pula, untuk membangun suatu gedung dibutuhkan keseimbangan. Artinya antara tukang dan material harus baik. Kalau materialnya tidak bagus sedangkan tukangnya baik maka hasilnya tidak maksimal. “Begitu juga kalua tukang tidak baik materialnya baik juga hasilnya tidak bagus,” demikian Gentur.

Sementara itu Ketua Panitia Wahyu Sukoco mengatakan kalua acara pembekalan tukang ini beralangsung 3 hari mulai 1 juni hingga 3 juni. “Untuk prakteknya para tukang nantinya akan dibawa ke Desa Banjar Arum sekaligus memberikan sertifikasi bagi mereka yang dinyatakan lulus,” kata lelaki yang sehari-harinya bekerja di Bidang Bangunan Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim.

Diharapkan dengan pelatihan ini pula pihaknya bisa mencetak para tukang yang lebih terampil dari biasanya dan kalau sudah mengantongi sertifikat maka bisa berkompetisi dengan tukang-tukang lain baik di tingkat lokal maupun regional.

Jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 120 orang di mana 60 orang bawaan dari PT Semen Gresik dan 60 orang dari PU Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim. Ke-120 orang peserta itu berdartangan dari berbagai kota di Jatim.

Dalam pada itu manajer pemasaran PT Semen Gresik Danu Wachid mengatakan kalau pihaknya selalu berpartisipasi untuk mensuport acara ini. Ia menambahkan sudah ke-10 kalinya menyelenggarakan pelatihan yakni mulai tahun 2007 sampai 2016 dan tempatnya berpindah-pindah dari satu kota ke kota yang lain. “Kali ini kami tempatkan pelatihan di Mojokerto,” tuturnya.(p)

1 Komentar Kirim Komentar


  1. Detik 2016-11-07 16:39:25

    Nice info detik