Profil Umum

Untuk memajukan kesejahteraan sebagaimana dimuat di dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 maka dilaksanakannya pembangunan nasional pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakatIndonesia yang menekankan pada keseimbangan pembangunan lahir bathin yang maju dan berkeadilan sosial berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Perumahan dan pemukiman merupakan kebutuhan dasar manusia dan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pembentukan watak serta kepribadian bangsa dan perlu dibina serta dikembangkan demi kelangsungan dan peningkatan kehidupan masyarakat. Perumahan dan permukiman tidak dapat dilihat sebagai sarana kehidupan semata-mata tetapi lebih dari itu merupakan proses bermukimnya manusia dalam menciptakan ruang kehidupan untuk menampakkan jati dirinya. Selain berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian untuk mengembangkan kehidupan dan penghidupan keluarga, perumahan juga merupakan tempat untuk menyelenggarakan kegiatan masyarakat dalam lingkungan terbatas. Permukiman yaitu kawasan yang merupakan lingkungan hunian dengan fungsi utama sebagai tempat tinggal yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana lingkungan yang memberi kesempatan kerja terbatas untuk mendukung peri kehidupan dan penghidupdan dengan penataan ruang yang bersih dan teratur sehingga memungkinkan permukiman tersebut dapat berdaya guna dan berhasil guna. Agar lingkungan permukiman dapat berfungsi secara optimal dan merupakan lingkungan yang sehat, aman, serasi dan teratur perlu dilengkapi sarana dan prasarana dasar antara lain : 

 

  1. Jaringan jalan untuk mobilitas manusia dan angkutan barang dan jasa;
  2. Jaringan saluran pembuangan air limbah dan tempat pembuangan sampah untuk kesehatan lingkungan;
  3. Jaringan saluran air hujan untuk pematusan ( drainase ) dan pencegahan banjir;
  4. Jaringan air bersih untuk pemenuhan air berdih dan air minum bagi masyarakat.

 

Sejalan dengan peran serta masyarakat di dalam pembangunan perumahan dan pemukiman, pemerintah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan dalam wujud pengaturan dan pembimbingan yang meliputi berbagai aspek yang terkait antar lain tata ruang, prasarana lingkungan, komponen dan bahan bangunan, jasa konstruksi dan rancang bangun, kelembagaan, sumber daya manusia dan peraturan perundang-undangan. 


Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya masyarakat sejahtera melalui pembangunan bidang kecipta karyaan yang berkembang dan berkelanjutan dengan dukungan konsistensi penataan ruang yang dinamis”. 

Misi

  1. Melaksanakan penyusunan program dan anggaran pembangunan bidang cipta karya dan tata ruang
  2. Melaksanakan perencanaan tata ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang
  3. Melaksanakan pengembangan perumahan di perkotaan dan di pedesaan
  4. Melaksanakan pembinaan teknis, pembangunan, pengelolaan abngunangedung serta pembinaan jasa


Tugas Pokok

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang pekerjaan umum cipta karya dan tata ruang.Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pekerjaan umum cipta karya dan tata ruang.
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum cipta karya dan tata ruang.
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya.
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur.